tips merental mobil kenderaan

10 Tips Sewa Rental Mobil di Hari Raya

Sudah tinggal menghitung hari menuju lebaran. Namun, Anda belum juga mendapatkan tiket kereta atau tiket pesawat dikarenakan selalu kehabisan. Solusi Anda adalah dengan melakukanrental mobil. Selain untuk transportasi mudik, terkadang opsi sewa mobil menjadi pilihan supaya mobilnya bisa digunakan untuk rekreasi berkunjung tempat wisata di kampung halaman.rental mobil di hari raya

Sudah banyak orang-orang yang mulai memesan mobil untuk di sewa, supaya tidak kehabisan dan masih mendapatkan mobil yang sesuai. Biasanya mendekati hari Lebaran, sisa mobil yang ada di tempat rental biasanya sudah tidak memenuhi kriteria. Jenis mobil yang disewakan untuk lebaran rata-rata jenis mobil MPV atau mobil keluarga yang bisa banyak menampung orang.

Lalu apa saja yang harus disiapkan untuk mendapatkan mobil rental yang terbaik untuk lebaran. Berikut tipsnya:

1 . Booking Lebih Awal

Sama seperti melakukan reservasi untuk hotel, ada baiknya Anda juga lebih awal memesan mobil rental lebaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya ketersediaan mobil rental lebaran akan menipis saat dua minggu sebelum hari lebaran . Akan lebih baik jika menyewa dengan tempat rental mobil langganan yang sudah dipercaya.

2 . Pilih yang Memiliki Kunci Ganda

Keamanan dan keselamatan mobil menjadi tanggung jawab Anda sebagai penyewa. Agar aman, pastikan menyewa mobil yang memiliki kunci ganda atau alat pengaman ganda lainnya. Misalnya seperti kunci setir gada atau mengandalkan teknologi terbaru dengan memilih mobil yang sudah menggunakan kunci immobilizer.

3. Siapkan Supir Cadangan Jika Sewa Mobil Lepas Kunci

Pastikan Anda punya supir cadangan untuk menghadapi kerasnya lalu lintas mudik yang bisa terjebak tanpa kepastian. Memiliki kakak, adik atau saudara yang bisa menyetir mobil akan sangat berguna untuk perjalanan jauh sehingga bisa menyetir bergantian.

4. Periksa Penyedia Rental dari Testimoni Pemakai Sebelumnya

Jika tidak mendapatkan dari rental langganan. Pastikan mendapatkan mobil rental lebaran yang sudah memiliki testimoni positif dari pelanggan-pelanggannya. Infomasi ini bisa saja langsung googling atau bertanya pada tetangga sekitar pemilik rental mobil tentang reputasinya. Jangan sampai bermasalah dan mendapatkan pengusaha rental yang tidak bertanggung jawab.

Artikel lainnya: Tips yang harus dilakukan sebelum menyewa mobil

5. Pilih Mobil Rental Lebaran yang Memiliki Asuransi

Tak ada yang bisa mengetahui apa yang terjadi meskipun pasti semua berharap mendapatkan keselamatan selama perjalanan. Namun, seperti halnya mobil yang memiliki ban serep. Sewa mobil lebaran pun harus punya pertimbangan ‘serep’ seperti kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Lebih baik pilihlah mobil rental lebaran yang memiliki asuransi sehingga jika memang takdir berkata lain. Penyewa tidak perlu terlalu banyak menanggung kerugian karena kecelakaan yang tidak diinginkan.

6. Pastikan Mobil Benar-Benar Prima Saat Akan Digunakan

Mobil rental umumnya selalu digunakan pada saat weekend atau liburan. Ada masa-masa tertentu mobil-mobil rental ini masuk bengkel untuk dilakukan perawatan. Sayangnya tidak semua pengusaha rental punya mental yang baik dalam merawat mobil rentalnya.

Cek terlebih dahulu kondisi mesin, kondisi AC atau pendingin udara, kaki-kaki dan sehingga secara fisik Anda benar-benar mantap dan yakin untuk mudik dengan mobil rental yang kondisinya siap menghadapi macet berkilo-kilometer dan berhari-hari selama di perjalanan.

7. Periksa Kelengkapan Bagian Mobil Dengan Teliti

Jangan pernah mengabaikan segitga pengaman. Pastikan perlengkapan seperti ban serep, dongkrak, senter dan kunci-kunci lengkap sehingga saat terjadi pecah ban di perjalanan tidak perlu pinjam sini pinjam sana karena perlengkapan mobil rentalnya tidak lengkap.

Baca juga: ASSA Rent Salah Satu Rental Mobil di Surabaya

Jangan pernah pula berhenti di bahu jalan saat terjadi pecah ban di jalan tol. Cari posisi lebih pinggir usahakan di atas rumput. Beberapa insiden maut terjadi karena pengendara lain lalai mengidentifikasi kendaraan yang sedang mengalami pecah ban sehingga kerap terjadi tabrak lari di jalan bebas hambatan saat proses penggantian ban.
Jika memang terpaksa, tunggu hingga bantuan dari petugas tol datang.

8. Foto Interior dan Eksterior Mobil

Periksa secara bersama-sama antara pengusaha rental dan penyewa jika saat pengambilan mobil sudah terjadi cacat atau ada bagian yang penyok sehingga saat dikembalikan cacat tersebut tidak ditimpakan pada penyewa terakhir.

9. Periksa Perjanjian Sewa dan Ketentuan Dalam Perjanjian Tertulis

Jangan pernah melakukan perjanjian lisan. Biasakan ada hitam di atas putih meskipun itu dilakukan antar teman atau antar keluarga. Dalam sewa menyewa harus jelas syarat dan ketentuan yang telah disepakati kedua belah pihak secara tertulis agar perjanjian kuat dan tidak merugikan salah satu pihak saja.

Rental mobil yang profesional biasanya mengeluarkan bukti sewa dengan syarat dan ketentuan yang harus dibaca oleh penyewa. Waktu atau durasi penyewaan juga harus disepakati. Pastikan pula memahami denda yang dikenakan jika mobil rental terlambat dikembalikan.

10. Mengisi Bensin

Hal yang sebetulnya remeh tapi sangat penting adalah jangan pernah lupa untuk mengisi kembali bensin sesuai dengan indikator saat mobil rental diambil ataupun diantarkan. Jika perlu foto indikator bensin sebelum mobil rental digunakan untuk menhindari perselisihan di kemudian hari. Kecuali sudah ada kesepakatan di awal.
Pastikan juga membaca tips mudik dengan anak saat menggunakan kendaraan pribadi.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan saat mudik bersama anak dengan menggendarai mobil selain pesawat dan kereta api.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *