cuci boneka

3 Cara Mencuci Boneka Kesayangan Anak dengan Benar

Setiap anak laki-laki dan perempuan pastinya memiliki hobi yang berbeda-beda. Anak laki-laki cenderung lebih suka beraktivitas di luar ruangan, bermain bersama teman-temannya, hingga mengoleksi mainan action figure. Berlawanan dengan anak laki-laki, biasanya seorang anak perempuan cenderung lebih menyukai boneka yang lucu seperti tokoh-tokoh kartun yang disukainya untuk dijadikan koleksi dan pendamping tidur saat malam hari.

Pada kesempatan kali ini, salah satu jasa cuci springbed akan membagikan tips bagaimana cara mencuci boneka anak agar tidak mudah rusak. Silahkan simak caranya berikut ini.

 

1. Bersihkan dengan Kain Basah

menggunakan kain lap basah

Jika kondisi boneka tidak terlalu kotor dan hanya sedikit berbedu saja, Anda bisa membersihkannya dengan mudah. Cukup gunakan kain yang telah dibasahi air bersih lalu usapkan pada boneka untuk menghilangkan debu-debu yang menempel.

 

2. Menggunakan Mesin Cuci

menggunakan mesin cuci untuk mencuci boneka

 

Cara ini bisa dibilang menjadi salah satu cara alternatif tercepat untuk membersihkan boneka yang kotor. Namun, Anda harus ingat bahwa jika ingin mencuci menggunakan mesin, hindarilah kondisi boneka yang terbuat dari bahan yang tidak disarankan untuk dicuci menggunakan mesin cuci, boneka yang memiliki pernak-pernik karena saat masuk ke dalam mesin cuci akan ada kemungkinan aksesoris pada boneka bisa terlepas, dan perhatikan juga setiap bagian boneka dengan seksama untuk mengetahui apakah ada bagian yang sobek atau tidak. Jika Anda sampai tidak menyadari hal ini, maka ukuran sobek yang sudah ada bisa semakin parah karena terkena putaran mesin.

 

3. Mencuci Secara Manual dengan Tangan

mencuci boneka secara manual

Setiap boneka tentu memiliki ciri yang khas dan bersifat unik. Apalagi jika boneka yang dikoleksi anak Anda memiliki banyak bulu-bulu halus, maka Anda tidak bisa sembarang mencucinya karena bisa menyebabkan bulu-bulu halus yang ada menjadi rusak.

Jika Anda ingin mencuci secara manual, silahkan ikuti berbagai langkah-langkah berikut:

  • Isi ember yang telah dicampur dengan deterjen lalu rendam boneka sampai benar-benar hilang noda yang menempel
  • Setelah itu, sikat setiap bagian boneka dengan hati-hati secara lembut untuk menghindari bulu-bulu boneka yang rontok
  • Jika boneka sudah kembali bersih sepenuhnya, segera bilas dengan air bersih dari sisa deterjen, lalu tambahkan pewangi dan langsung jemur di bawah terik panas matahari agar warnanya tidak pudar.

Boneka yang dikoleksi oleh anak Anda harus sering-sering dibersihkan karena jika tidak berbagai debu dan kotoran yang menempel bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan anak Anda yang selalu memainkannya setiap hari. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *