weekend terbaik dengan melakukan 4 kegiatan ini

4 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan Saat Weekend untuk Membuat Diri Kembali Bersemangat Sekaligus Melepas Penat

Setiap orang dari hari Senin hingga Jumat pasti memiliki segudang aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Entah itu untuk bekerja, pergi sekolah, kuliah ataupun membangun bisnis yang sedang dirintis. Kondisi suasana hati juga turut mempengaruh sikap terhadap reaksi terhadap lingkungan sekitar. Jam istirahat pun hanya bisa dirasakan saat malam hari, itupun kalau tidak ada pekerjaan ataupun aktivitas lainnya yang harus diselesaikan.

Tak jarang, ketika akhir pekan tiba, banyak yang menyebutnya sebagai weekend yang paling ditunggu-tunggu. Di hari libur ini, banyak yang memanfaatkan waktunya untuk bersantai di rumah, bahkan melampiaskan rasa lelahnya setelah 5 hari menjalani aktivitas yang padat dengan tidur dari pagi hingga sore hari.

tips menikmati weekend berkualitas

Sebenarnya aktivitas tersebut tidaklah salah, namun ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat hari libur jadi lebih produktif dan bisa meningkatkan mood kamu agar kembali bersemangat menjalani hari esok.

1. Meluangkan Waktu untuk Memperdalam Hobi

Cobalah untuk mengingat hal-hal apa yang kamu sukai, hal ini sangat erat berkaitannya dengan hobi. Jika kamu sudah mengetahui hobimu sendiri, kamu bisa menyalurkan energi dan karyamu pada hal-hal yang benar-benar kamu sukai, dengan begitu apa yang kamu lakukan bisa memberikan kepuasan tersendiri.

Cara ini bisa membangitkan mood kamu walaupun kamu sedang dalam keadaan lelah ataupun badmood sekalipun. Manfaatkan waktu liburan yang ada untuk terus mengasah kemampuan. Selama ini kamu hanya fokus pada rutinitas dan mungkin tidak menyadari bahwa meluangkan waktu untuk diri sendiri, terlebih dengan melakukan hobi yang disukai juga perlu dilakukan.

2. Berlibur Bersama Orang Terdekat

Weekend juga bisa dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga, pasangan ataupun sahabat. Carilah tempat-tempat wisata di kotamu ataupun di luar kota yang masih bisa dijangkau dengan waktu tempuh yang cukup singkat agar tidak terlalu lelah di jalan.

Tempat wisata yang berhubungan dengan alam hijau ataupun pantai bisa membantu kamu melepas semua emosi negatif yang ada di dalam diri. Dengan begitu pikiran bisa kembali jernih dan semangat akan pulih kembali.

Bila kamu ingin lebih praktis lagi, tidak ada salahnya untuk menggunakan layanan rental mobil sekaligus supirnya bila liburanmu tidak sampai menginap. Namun, jika menyewa kendaraannya lebih dari 24 jam, akan lebih baik bila menyewa mobil tanpa supir saja agar lebih leluasa.

Baca juga: Tips Aman Berkendara Mobil untuk Jarak Jauh, Khususnya Hingga Ke Luar Kota

3. Lakukan Refleksi Diri

Mungkin inilah hal yang paling jarang dilakukan saat “me time“, yaitu melakukan refleksi terhadap diri sendiri. Karena terlalu sibuk dengan gadget, games, hingga pekerjaan akhirnya lupa menyediakan waktu untuk diri sendiri.

Kegiatan refleksi ini lebih ke arah pengenalan diri dan membuat Anda mengenali masalah apa yang sebenarnya dihadapi dan bagaimana cara mengatasinya. Caranya tidaklah sulit, sediakan waktu setidaknya minimal 30 menit di dalam rumah dengan suasana yang benar-benar tenang, lalu pejamkan mata dan mulailah merenungkan apa yang bisa Anda perbaiki dari dalam diri.

4. Berolahraga

Kapan terakhir kali Anda melakukan olahraga? 1 bulan yang lalu? 6 bulan lalu? atau sudah lupa sama sekali? Jika yang terjadi pada Anda sekarang ini, buatlah rencana rutin untuk terus melakukan olahraga setiap weekend.

Berkeringat selain mengeluarkan racun dalam tubuh, juga membantumu untuk tetap menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh agar daya tahan tubuh tetap kuat dengan melakukan olahraga secara rutin.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu weekend agar lebih produktif dan bisa mengembalikan energi positifmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *