cara membedakan emas asli dan palsu

Agar Tidak Mudah Tertipu, Yuk Pahami Bagaimana Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu!

Berinvestasi emas menjadi salah satu alternative yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Mulai banyak orang sudah mulai paham mengenai keuangan dan akhirnya memutuskan untuk memilih instrument investasi.

Saat ini, ada berbagai pilihan investasi yang bisa dipilih, mulai dari saham, crypto, reksa dana, dsb. Namun, mengapa masih ada orang yang memilih emas dibandingkan instrument lainnya?

Salah satu alasannya karena emas karena orientasinya untuk jangka panjang dan nilainya tidak mudah turun. Hal ini yang menjadi pertimbangan seseorang untuk menginvestasikan uang mereka untuk ditukarkan dengan emas.

Namun, semakin berkembangnya zaman kita perlu berhati-hati terhadap penipuan. Karena, tidak jarang ada model-model penipuan yang memanfaatkan celah teknologi untuk meraup keuntungan bagi dirinya sendiri.

1. Memiliki Sertifikat Resmi

Hati-hati, jangan karena tergiur harganya yang murah saat membeli emas, kamu sampai tidak mendapatkan sertifikatnya.

Emas asli di manapun kamu membelinya pasti akan mendapatkan sertifikat kepemilikan. Hal ini sebagai bukti bahwa emas yang diperjualbelikan adalah legal.

2. Gunakan Magnet

Emas tidaklah terbuat dari logam magnetik sehingga tidak memiliki daya magnetis. Emas palsu akan menempel bila didekatkan dengan magnet, berbanding terbalik dengan emas asli yang tidak akan menempel.

3. Cobalah untuk Mengigit Emas

Mengigit emas merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian emas. Jadi, jangan berpikiran bahwa emas yang digigit untuk dimakan yah hehehe

Walaupun memiliki bentuk yang padat, emas murni tetap bisa meninggalkan bekas fisik. Untuk itu, cobalah untuk mengigit nya dan lihat apakah ada bekasnya atau tidak.

Bila ada, bisa dipastikan itu adalah emas asli. Namun, cara ini hanya berlaku untuk emas logam ataupun batang. Karena, emas perhiasan sudah tercampur dengan bahan logam lain yang dapat memepengaruhi tingkat ketahanan emasnya.

4. Tes dengan Menggosok Emas

Cara alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan menggosok emas menggunakan jari. Bila emas berubah warna, maka itu merupakan pertanda emas palsu. Emas asli tidak akan berubah warna walaupun digosok menggunakan kedua tangan.

5. Warna Kulit Akan Berubah Bila Menggunakan Emas Palsu

Emas asli memiliki kandungan yang tidak akan membuat warna kulit berubah. Berbanding terbalik dengan emas palsu yang justru dapat mengubah warna kulit kita.

Cukup gunakan selama beberapa menit dan lihat, apakah warna kulit berubah menjadi gelap atau tidak. Agar lebih akurat, lakukan di tempat yang terang agar kamu bisa mengetahui perbedaannya.

6. Berat Emas Palsu Lebih Ringan

Sekilas memang sangat mirip, bahkan sulit membedakan mana emas asli dan palsu. Akan tetapi, ada cara untuk mengetahuinya yaitu dengan mengukur berat emas.

Kamu bisa datang ke toko emas terdekat untuk mengetahui berat emas yang dibeli. Ada timbangan khusus untuk mengukurnya, jadi jangan asal yah.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengetahui emas yang asli atau bukan. Dengan cermat memilih, kamu bisa terhindar dari kerugian dikemudian hari.

Pastikan juga untuk membeli emas di tempat yang terpercaya ataupun situs jual beli emas yang memiliki reputasi baik agar semuanya berjalan lebih mudah.