cara mengatasi rem mobil terbakar

Atasi Rem Terbakar Saat Berkendara Di Pegunungan

Untuk mengetahui letak kerusakan yang terjadi pada mobil tidak hanya bisa dilakukan dengan mengecek kondisi mesinnya, anda bisa mengecek mobil anda dengan mengetahui ciri-cirinya seperti bau yang dihasilkan. Contohnya seperti bau sangit karena terbakar, di mana hal ini biasa muncul karena adanya sebab yang berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi rem terbakar ketika anda berkendara di pegunungan.

Kenali terlebih dahulu penyebabnya

  1. Master rem mengalami kemacetan

Master rem merupakan salah satu bagian terpenting yang ada di dalam mobil, master rem ini bekerja sebagai pokok atas penghentian mobil. Ketika master rem mengalami kemacetan ataupun tidak maksimal, kemungkinan rem akan mengalami panas dan mengeluarkan asap yang cukup tebal.

Hal yang menyebabkan terjadinya macetnya master rem ini adalah, karena banyaknya kotoran yang menempel di bagian master rem ini. Semakin banyak kotoran yang menempel dan mengendap akan membuat komponen menjadi berkarat, sehingga master rem tidak bisa bergerak atau bahkan tidak berfungsi lagi.

  1. Pegas pengembali tak bekerja dengan baik

Bukan hanya bagian master rem saja yang memiliki andil cukup banyak di sistem kerja rem, pegas pengembali juga cukup berpengaruh terhadap layak tidaknya suatu kerja pengereman. Hal ini dibuktikan saat pegas pengembali tidak bekerja dengan maksimal, maka akan membuat rem panas dan mengeluarkan asap.

Fungsi utama dari pegas pengembali sebagai pengembali kampas rem ke posisi semula, dan apabila pegas ini tidak memiliki daya lagi maka kampas rem tidak akan kembali ke posisi awal dan menyebabkan rem terbakar.

  1. Penyetelan rem yang tak sempurna

Anda juga perlu memperhatikan kerenggangan kampas pada sistem pengereman, karena kerenggangan kampas tersebut dapat menyetel tromol rem sehingga baik tidaknya dalam melakukan pengereman. Apabila anda melakukan pengereman secara manual, maka penyetelan kampas ini akan bisa anda lakukan dengan lebih mudah.

Apabila penyetelan kampas ini terlalu rapat atau dekat antara kampas dan tromol rem, maka akan menjadikan rem mudah sekali panas dan mungkin hingga terbakar.

  1. Selang rem mampet

Inilah hal yang harus anda perhatikan kenapa anda sangat perlu untuk mengganti rem secara berkala, karena bila minyak rem tidak diganti secara rutin makan kotoran akan dapat dengan mudah masuk ke selang rem. Apabila kotoran sudah menyumbat selang rem, maka proses pengereman tidak akan maksimal dan memungkinkan terjadinya rem terbakar.

Setelah anda mengetahui penyebabnya, maka anda bisa dengan mudah mengatasi masalah terbakarnya rem di mobil anda. Apabila anda kurang begitu yakin dengan kemampuan anda, anda bisa langsung membawanya ke bengkel untuk dilakukan perbaikan secara tepat.

Karena anda pasti tahu bahwa rem merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan, sehingga anda perlu berhati-hati dan teliti dalam memperbaikinya. Bila Anda memiliki asuransi kendaraan, maka Anda bisa melakukan klaim asuransi untuk mendapatkan pergantian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *