Beasiswa Guna Pengembangan SDM Indonesia

Bersekolah keluar negeri adalah salah satu bentuk Pengembangan SDM

Sekolah merupakan tempat untuk mengembangkan keilmuan, pembentukan karakter secara sosial dan masyarakat. Dalam kaitannya dengan Pembentukan SDM, pola pendidikan di Indonesia bahkan mengadaptasi petuah dari Ki Hajar Dewantara “Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani” (yang didepan memberikan contoh, yang ditengah memberikan dukungan yang dibelakang mengikuti).

Dalam dunia pendidikan berbagai macam metode keilmuan baru, di kembangkan sebagai bentuk adaptasi dan pengembangan pola pikir agar memberikan dampak yang besar terhadap pengembangan SDM sebuah negara. Salah satu cara untuk pengembangan keilmuan ini dilakukan dengan melakukan studi ke negara-negara yang lebih berkembang.

barisan-wisuda-siap-bertarung

Setiap tahunnya, negara-negara maju di benua eropa, amerika dan asia membuka kesempatan sebesar besarnya kepada setiap orang yang ingin melakukan pengembangan keilmuan dengan membuka kelas internasional di Institiusi negara mereka masing-masing. Hal ini merupakan bentuk diplomasi hubungan antara negara, untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan. Dan setiap tahunnya Indonesia mengirimkan ratusan siswa dan mahasiswa terbaiknya untuk mengembangkan potensi diri melalui jalur beasiswa.

baca : 3 Tanda Kemajuan SDM Pendidikan Indonesia di Era Jokowi

Macam-macam beasiswa luar negeri yang ada di Indonesia

Peluang beasiswa ini dimanfaatkan dengan baik oleh para siswa dan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengembangkan diri mereka sendiri sebagai bentuk Pengembangan SDM. Hal ini ditandai dengan begitu banyaknya beasiswa sekolah luar negeri yang bekerja sama secara langsung dengan Ditjen Dikti atau langsung kepada institusi berkaitan seperti kementrian keuangan, kementrian BUMN, atau bahkan kampus itu sendiri.

Berikut ini adalah macam-macam beasiswa luar negeri yang ada di Indonesia beserta dengan institusi yang mengadakan kerjasamanya.

Erasmus Mundus Scholarship

Erasmus mundus adalah beasiswa yang dikelola oleh masyarakat ekonomi Uni Eropa dan menjadi jembatan bagi mahasiswa Indonesia yang berniat melanjutkan kuliah ke benua eropa. Program ini dirancang untuk mendorong dan mendukung masyarakat melalui kerjasama antara institusi Eropa dan non Eropa. Tujuannya tak lain adalah mempromosikan Uni Eropa sebagai salah satu negara yang mempunyai keunggulan akademik di dunia, memberikan kontribusi pada perkembangan berkelanjutan pendidikan tinggi dari Negara-negara berkembang.

Setiap tahun nya Erasmus Mundus mengirimkan lebih dari 100 mahasiswa Indonesia ke seluruh universitas ternama di eropa ( baca disini ), sebut saja prancis dan german yang sering kebanjiran mahasiswa yang ingin belajar teknik terapan. Untuk kamu yang pengin mencoba beasiswa ini, bisa dilihat informasi lengkap terkait beasiswa erasmus mundus di laman ini.

Global Korea Scholarship Program

Untuk kamu yang senang dengan kebudayaan asia seperti korea, pemerintah Indonesa dan korea sudah mengadakan kerjasama bilateral dengan mengirimkan mahasiwa masing-masing negara untuk melakukan studi dibawah payung Global Korea Scholarship Program. Tujuan dari program ini tentu saja untuk memberi kesempatan kepada siswa internasional yang ingin melakukan studi lanjut dalam program sarjana dan pascasarjana di institusi pendidikan tinggi di Republik Korea.

Program ini terbuka bagi mereka yang ingin melakukan pengembangan SDM dalam berbagai bidang mulai dari kebudayaan, tenik, hingga ke militer. Inti nya mereka membuka kesempatan bagi siapapun selama berhubungan dengan promosi pertukaran internasional dalam pendidikan dan persahabatan antar negara.

Informasi lengkap terkait GKS, bisa dibaca melalui laman ini.

Qatar University Scholarship

Negeri di Timur Tengah merupakan tempat yang menjanjikan bagi mereka yang memiliki dasar sebagai santri. Banyak dari pondok pesantren yang memiliki koneksi kuat akibat satu frekuensi dalam bahasa. Maka tidak aneh banyak yang diterima bersekolah tingkat lanjut atau pasca sarjana di Qatar.

Qatar University merupakan salah satu institusi yang menampung mahasiswa dari seluruh penjuru dunia yang hendak belajar di sana. Bagi anda yang berniat untuk melakukan studi di qatar, jangan hawatir terkait bahasa yang digunakan. Anda disediakan kelas khusus untuk belajar bahasa arab setiap minggunya. Untuk mengetahui kualifikasi yang dibutuhkan, anda bisa membaca di situs mereka melalui link berikut ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *