Cara Tepat Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

Setiap pasangan yang baru menikah sudah pasti mengidamkan untuk memiliki momongan. Dan saat tiba di waktu persalinan si bayi pun terlihat menggemaskan. Namun, perlu anda tahu bahwa sebagai seorang ibu tentu saja anda juga harus tahu mengenai cara yang paling tepat dalam memandikan bayi baru lahir.

Memandikan si bayi kebanyakan membuat para orang tua merasa berkecil hati. Terlebih lagi jika masih satu minggu pertama ketika tali pusar si bayi belum puput rasanya hanya khawatir dan takut ketika memandikannya.

Banyak dokter yang menyarankan untuk tidak memandikannya di usia tersebut. Namun, hanya dengan diguyur atau sekedar merendah tubuhnya di dalam bak mandi. Sang bayi hanya cukup anda bersihkan dengan di waslap saja atau diseka. Nah, jika anda masih bingung anda bisa memperhatikan berbagai langkah cara memandikan bayi baru lahir berikut ini:

cara yang paling tepat dalam memandikan bayi baru lahir

Dalam memandikan bayi baru lahir tentu saja anda harus mempersiapkan semua peralatannya terlebih dahulu. Seperti halnya air yang hangat dalam baskom dengan ukuran yang sedang, sabun bayi, shampoo, waslap dan juga handuk bayi. Kemudian bukalah bajunya si bayi baru lahir secara perlahan. Bungkuslah dengan handuk lalu baringkanlah diatas alas yang anti air.

Agar si bayi baru lahir tidak begitu merasa kedinginan, anda bisa menutupi bagian tubuh yang tidak sedang anda bersihkan dengan menggunakan handuk. Bersihkanlah kelopak mata bagian atas si bayi secara perlahan dengan menggunakan waslap yang sebelumnya memang sudah direndam dengan air hangat kemudian peraslah.

Usaplah telinga bayi baru lahir pada bagian luarnya. Lalu bersihkanlah dengan waslap pada bagian lipatan-lipatan di leher, kaki dan juga tangannya.Berikanlah sedikit shampoo pada waslap lalu anda pun bisa menggosoknya secara perlahan supaya busanya keluar. Kemudian usapkanlah pada kepala si bayi baru lahir. Lalu bersihkanlah dengan waslap hingga kepala si bayi tidak berbusa lagi. Sedangkan pada bagian kelamin bayi baru lahir, anda bisa membersihkannya dari arah depan kebelakang.

Cara tepat memandikan bayi yang baru lahir

Itulah berbagai langkah cara paling tepat yang bisa anda tempuh dalam memandikan bayi baru lahir. Memang memandikan bayi yang baru lahir itu butuh kewaspadaan. Dan tidak semua calon ibu sudah berani untuk memandikannya.

Cara Tepat Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

Memandikan bayi memang suatu kegiatan penting terutama bagi para orang tua karena sebaiknya dilakukan dengan benar. Disamping untuk membersihkan tubuh bayi, kegiatan memandikan bayi juga perlu dilakukan dengan hati-hati supaya tidak menimbulkan luka pada kulit

bayi. Hal ini mengingat kondisi bayi terbilang masih sangat lemah. Jadi perhatikanlah setiap langkahnya, agar si bayi baru lahir tetap aman dan sehat. Mungkin lebih baik jika si ibu bayi belum berani memandikannya, boleh meminta bantuan kepada orang yang sudah berpengalaman memandikan bayi baru lahir.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *