Extruder Plastik Untuk Prospek Bisnis Daur Ulang

Peluang bisnis plastik daur ulang kian menggiurkan

Setiap hari, sampah plastik dihasilkan dari kegiatan rumah tangga. Sampah yang terdiri dari kemasan makanan, bumbu penyedap atau bungkus belanjaan tertumpuk. Jika dirata-rata dalam satu hari sampah plastik yang diproduksi bisa mencapai 1kg, bayangkan jika dalam sebuah area terdapat 10 rumah.

Sampah plastik memang musuh besar lingkungan, sulit diurai secara alami dan menghambat pergerakan air ketika menyumbat di saluran pembuangan. Dilain pihak, plastik masih menjadi primadona untuk tempat menyimpan bahan karena harganya yang tergolong ekonomis. Perang antara pengurangan sampah plastik dan kebutuhan seperti tidak menemukan jalan keluar.

Baca Juga Proses Daur Ulang Plastik Yang Menguntungkan

Di tempat lain, penumpukan plastik ini menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Terbukanya industri pengolahan sampah plasti untuk dijadikan plastik daur ulang merupakan salah satu cara untuk mengurangi populasi plastik yang kian hari kian menghawatirkan.

Permasalahan plastik yang sulit diurai dapat dipecahkan dengan bantuan plastik ekstruder atau alat pemecah plastik. Alat ini menjadi buruan para produsen yang berniat memulai usaha plastik daur ulang, dengan prinsip kerja yang sederhana sampah plastik dengan berbagai macam tingkat ketebalan dapat diubah menjadi partikel kecil yang bisa dimanfaatkan untuk produksi plastik.

Tentang Plastik Extruder

Plastik Extruder berfungsi menghancurkan partikel-partikel plastik, layaknya penggiling daging. Bahan baku plastik daur ulang yang telah dipilah berdasarkan titik didih nya dimasukan kedalam extruder untuk kemudian dibentuk mennjadi lapisan panjang atau bentuk yang di Inginkan oleh produsen.

Dalam proses ektruksi plastik, biji plastik atau bahan plastik daur ulang yang telah dibuat partikel kecil ini dipanaskan dalam ekstruder. Panas disesuaikan dengan ketebalan yang dirancang, suhu tinggi digunakan untuk plastik dengan ketebalan dibawah 1mm sedangkan suhu rendah untuk ketebalan diatas 1mm.

Dalam mesin ekstruksi ini juga baisanya akan ditambahkan anti caking agent, yang berfungsi mencegah penggumpalan saat proses pembentukan menjadi bahan baru.

Ekstruder ini bisa diperoleh di beberapa industri karoseri dengan beberapa tipe dan kapasitas yang bisa disesuaikan dengan rancangan produk akhirnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *