kelebihan palet plastik

Kelebihan menggunakan palet plastik

Diantara keuntungan menggunakan sistem paletitasi adalah dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. melalui paletisasi juga dapat dapat meningkatkan distribusi yang lebih efektif dan handal. Trend dan penggunaan palet plastik semakin luas khususnya pada negara maju. hal ini tidak lain dikarenakan penggunaan palet plastik lebih menguntungkan dibandingkan dengan palet jenis kayu.

Kelebihan palet plastik

Beberapa kelebihan menggunakan palet plastik

  • Masa pemanfaatan lebih dari 10 tahun
  • Ringan serta aman untuk digunakan, bersih dan terbebas dari racun
  • Kuat terhadap bahan kimia terutama pada asam sulfat maupun alkalis
  • Tdak peka terhadap cairan (tidak menyerap)
  • Bentuknya stabil pada semua kondisi dan cuaca
  • Kuat terhadap terpaan sinar ultraviolet
  • Anti slip

Pemanfaatan palet plastik pun cukup banyak diantaranya sebagai berikut:

  1. industri kertas/semen : Alasan kebanyakan industri memilih menggunakan palet jenis plastik dibandingkan dengan kayu atau besi, palet plastik cukup ringan, mudah dalam penggunaan, tidak menyerap air sehingga sangat cocok untuk digunakan pada industri kertas dan semen
  2. Industri elektronik, furniture, maupun pada peralatan rumah tangga
  3. Industri pada pemerosesan makanan dan minuman
  4. aplikasi lain yang tidak terbatas : Selain penggunaaan pada industri diatas penggunaan palet tidak terbatas pada beberapa industri saja melainkan dapat digunakan pada berbagai kebutuhan seperti palet gudang otomatis, palet rak gudang konvensional, maupun palet stacking umum.

Bahan Baku 

adapun bahan baku yang digunakan membuat palet ini  yaitu High Density Polyethylene (HDPE), Polypropylene, ABS resin, serta poliester tidak jenuh. beberapa bahan bahan tersebut diatas bahan HDPE merupakan yang paling umum digunakan dalam pembuatan palet plastik, dan telah diproduksi lebih dari 100.000 ton /tahun oleh PT. Chandra Asri dan PT PENI lebih dari 200.000 setiap tahunnya.

Disarankan:

  • Bahan pembuatan palet seharusnya berasal dari material murni, bukan bukan bekas daur ulang,
  • untuk ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Jenis 

Palet jenis  plastik cukup beragam, akan tetapi yang paling umum digunakan adalah jenis palet datar (flat pallet)

Mutu Palet Plastik

Untuk mutu maupun kekuatan pada palet tergantung pada bahan yang digunakan/resin plastik. Funsi utama sebagai penyangga beban yang berat palet harus menggunakan impak serta kekuatan bending yang memadai.

Untuk Standar Nasional Indonesia (SNI) sendiri telah ditetapkan syarat mutu dan kekuatan yang meliputi kopresi, beban dan kekuatan jatuhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *