Kriteria Memilih Tempat Tidur Bayi Yang Ideal

# Tempat Tidur Bayi Yang Ideal

Sebagian besar waktu yang dimiliki oleh bayi yang baru lahir dihabiskan di tempat tidurnya. Karena itulah memilih tempat tidur bayi yang ideal secara tepat sangatlah penting. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mengetahui tentang bagaimana kriteria yang ideal dalam memilih tempat tidur bayi.

Tempat Tidur Yang Aman

Inilah hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam memilih tempat tidur bayi apalagi jika tempat tidurnya berbentuk box bayi. Perhatikan jarak antara bilah satu dengan lainnya. Pilih yang jaraknya kurang dari 6 cm untuk menghindari kemungkinan kepala atau organ bayi yang lain terselip.

Hindari pula memilih tempat tidur bayi dengan bilah yang dapat diturunkan atau dinaikkan. Hal ini karena jenis seperti ini rawan terjadi kesalahan  dan bila bilahnya tidak kokoh maka ditakutkan bayi bisa jatuh dari tempat tidurnya terlebih bila bayi sudah memiliki banyak gerak. Perhatikan pula paku, sekrup, baut dan bahan lainnya dan pastikan bahwa seluruh material penyusunnya terpasang kencang dan berdiri kokoh.

tempat tidur bayi yang idealMatras Untuk Bayi dan Desainnya

Ada sejumlah produsen yang menjual box bayi atau tempat tidur bayi tanpa disertai dengan matras sehingga anda harus membeli matras sendiri. Saat memilih matras yang tepat untuk bayi maka pilihlah desain matras khusus untuk bayi.

Biasanya matras khusus bayi adalah matras yang keras atau kokoh, hal ini bertujuan untuk mencegah SIDA atau sudden infant death syndrome yaitu sindrom kematian bayi secara mendadak. Selain itu juga untuk menopang tulang pada bagian punggung bayi. Oleh sebab itu, hindari matras yang terlalu empuk.

Dalam memilih matras, pilih pula yang sesuai dengan ukuran tempat tidur atau box bayi. Jangan sampai terdapat celah antara matras dengan bilahnya.

Tempat Terbaik Meletakkan Tempat Tidur Bayi

Sebaiknya anda meletakkan tempat tidur bayi di kamar anda. Hal ini untuk mencegah kemungkinan terjadinya SIDS. Selain itu, jika sewaktu-waktu bayi membutuhkan pertolongan anda atau menangis maka anda bisa mengetahuinya dengan sigap.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, hindari meletakkan tempat tidur bayi di dekat jendela. Jika tempat tidurnya berada di dekat jendela maka kotoran akan rawan masuk dan langsung mengenai area tempat tidur si kecil. Selain itu, juga untuk menghindari benda berbahaya yang masuk.

Pastikan pula kamar anda dan tempat dimana anda meletakkan tempat tidur si buah hati memiliki ventilasi udara yang cukup agar pergantian udaranya lancar sehingga si kecil tidak pengap dan pernafasannya lancar.Jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan tempat tidurnya supaya bayi tidak mudah terkena iritasi dan tumbuh dengan sehat.

Pastikan anda memberikan kenyamanan bagi si kecil saat ia berada di tempat tidurnya dan dengan sejumlah kriteria tadi anda akan terbantu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *