Mainan Anak Yang Mencerdaskan Untuk Usia 2-3 Tahun

Masa bermain sudah dimulai sejak anak masih balita. Semakin bertambahnya usia, maka rasa ingin tahu anak terhadap sesuatu juga semakin tinggi. Nah cara untuk memperkenalkan hal-hal baru tersebut bisa dilakukan dengan memberikan mainan anak yang bersifat edukasi. Dengan permainan itu anak bisa belajar banyak hal, mulai dari belajar sensor motorik, mengasah panca indra, mengasah kecerdasan dan mengasah kemampuan dalam mengontrol emosi.

Bukan itu saja anak juga akan merasa sangat nyaman, bahagia dan tenang. Hal ini tentunya sangat baik untuk perkembangan tubuh sang anak. Berikut ini adalah mainan anak yang bisa anda berikan untuk anak anda sebagai sarana edukasinya untuk mencerdaskan otak sang anak.

mainan anak bersifat edukatif

  1. Pertama adalah mainan anak jenis puzzle sederhana
    Anda tidak perlu membelikannya mainan anak puzzle yang mahal, karena anak akan cepat merasa bosan dengan gambar atau susunan puzzle yang itu-itu saja. Semakin beragam puzzle nya maka anak akan semakin senang memainkannya terutama jika ia masih kesulitan merangkainya maka ia akan terus berusaha merangkai hingga ia bisa.

    Nah untuk mengatasi hal tersebut anda bisa memanfaatkan gambar dari majalah atau print out gambar sendiri dengan tema gambar yang disukai anak kemudian ditempelkan pada kardus dan digunting dengan berbagai pola. Dengan begitu anak tidak muda bosan memainkan puzzle nya sehingga otaknya terus terasah.

  1. Kedua adalah mainan anak yang bersifat tebak-tebakan
    Biasanya mainan ini berbentuk macam-macam, ada yang bulat, lonjong, persegi, segitiga, bintang dan lain-lain. Untuk membuat permainan seru maka mainan tersebut dimasukkan satu persatu dan meminta anak untuk menutup matanya. Nah setelah itu anak bisa meraba benda yang ada di dalam kantong yang tertutup rapat.

    Dengan daya ingatnya ia akan mengenali bentuk benda itu dengan rabaannya dan iapaun bisa menebaknya. Ketika ia berhasil menebak maka berikan reward berupa tepuk tangan atau sebuah permen untuk membuatnya merasa senang dan bangga atas usahanya menebak.

  1. Ketiga adalah mainan anak yang mengasah imajinasi dan kekereatifannya
    Anda bisa memberikan anak sebuah buku bergambar yang bisa diwarnai anak anda. Pilih tema gambar yang disukai anak sehingga ia bersemangat untuk mewarnainya. Bisa juga memberikan buku gambar yang di dalamnya sudah ada pola gambar dan hanya perlu menebalkan garis-garisnya.

    Minta anak anda untuk menegaskan garis-garis itu. Permainan warna atau menggambar ini bisa meningkatkan nilai seni anak. Ia akan memilih warna-warna yang menurut ia sesuai dengan gambarnya.  Dengan begitu maka secara tidak langsung ia sudah belajar suatu hal untuk membuat gambarnya menjadi lebih indah.

Itulah beberapa mainan anak yang bisa mencerdaskan anak anda. Pastikan masa balita anak anda menjadi masa yang paling menyenangkan. Bukan hanya sekedar bermain namun juga sekaligus belajar hal-hal baru yang tentunya akan bermanfaat dikehidupannya mendatang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *