Membuat Slime yang aman untuk anak-anak

Sekarang sedang trend nih anak-anak bermain dengan sebuah cairan lengket yang bernama slime. Karena bentuknya seperti permen karet dan mampu dibentuk-bentuk menjadi beragam kreasi. Di beberapa komunitas orang tua, slime bahkan diperkenalkan sebagai salah satu metode untuk melatih sense motorik anak. Dengan bantuan slime ini, anak jadi bisa merasakan material yang merangsang pertumbuhan ototnya.

Slime sendiri terbuat dari campuran polymer additives seperti clay atau lilin, sodium, dan pigment. Anda pasti hawatir begitu mendengar bahwa slime dibuat dengan bahan kimia diatas, hawatir dengan kesehatan anak-anak anda. Jangan hawatir, slime pun bisa anda buat dengan bahan yang aman lo, selama setiap kali bermain slime, anda memperhatikan anak-anak anda.

membuat-slime-yang-aman-untuk-anak

Tahap Persiapan Bahan membuat Slime yang aman untuk anak

Untuk membuat slime yang aman, bahan-bahan yang anda perlukan antara lain :

  • Lem Putih
    Terdapat beberapa jenis lem putih, yang berbahan dasar PVC (polivinyl cloride) dan non PVC, cari yang berbahan dasar non PVC.
  • Foam
    Foam ini berfungsi melembutkan struktur dari slime yang akan kita buat. Anda bisa menggunakan foam cukur atau soda kue yang lebih aman.
  • Shampo Bayi
    Daripada menggunakan shampoo untuk orang dewasa, pakailah shampo untuk bayi dengan kadar sodium yang rendah. Walau nantinya slime tidak akan sepadat yang biasa ditemukan di produk sejenis, namun slime dengan shampo bayi ini lebih aman bagi anak-anak anda.
  • Liquid Detergent
    Beberapa merek detergent yang khusus untuk bayi bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk katalis supaya slime lebih lembut saat dibentuk.

Tahap Pembuatan Slime Yang Aman

  • Siapkan mangkuk untuk mencampur semua bahan yang sudah kita siapkan diatas. Pertama-tama masukan lem putih dan shampo bayi dengan perbandingan 2:1. Maksudnya jika anda hendak membuat 2 sendok makan slime, maka tambahkan 1 sendok shampo bayi.
  • Aduk rata campuran tersebut hingga membentuk adonan, dan tambahkan ½ bagian liquid detergent dengan perlahan.
  • Jangan diaduk terlalu keras atau campuran akan berbuih. Dan slime yang aman untuk anak anda sudah siap.

Kenali Produk Polymer Additives untuk Industri rumah tangga anda.

Nah demikianlah cara membuat slime yang aman untuk anak-anak. Ingat, selalu dampingi anak anda saat bermain. Walau seaman apapun sebuah mainan, tetap pengawasan orang tua diperlukan agar anak tidak mengalami cidera atau hal-hal berbahaya lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *