Pengembangan SDM di era MEA

Jika ingin unggul di MEA maka pengembangan kualitas SDM perlu adanya

MEA sudah berlangsung hampir tiga tahun sejak pertama kali dibuka pada tahun 2014. Indonesia sebagai salah satu anggota negara ASEAN pun mulai menunjukan geliat di kancah pasar-pasar perdagangan dengan mengeluarkan beberapa produk unggulan yang dimiliki guna mengedepankan diri sebagai negara dengan sumber daya yang melimpah.

Perbaikan kualitas pun bukan hanya terjadi pada lini produk saja, agar lebih memenangkan persaingan di era pemasaran global, beberapa bagian bahkan mengadakan pengembangan SDM untuk memperbaiki kualitas pegawai dan performa karyawan yang dimiliki.

Baca juga : Beasiswa Guna Pengembangan SDM Indonesia.

Salah satu cara untuk mengembangan sumber daya manusia tersebut adalah dilakukannya kursus bahasa asing seperti bahasa inggris dan bahasa mandarin. Cara ini dilakukan oleh beberapa pemilik perusahaan agar para karyawan dapat berinteraksi secara langsung dengan pelanggan dan memahami apa yang di inginkan oleh pelanggan-pelanggan mereka.

blog-MEA

Bentuk pelatihan pengembangan SDM lain yang dilakukan oleh beberapa wirausaha adalah dengan mempelajari kebudayaan dari negara-negara lain. Tujuan dilakukan pelatihan ini adalah agar menciptakan variasi lain dari produk dengan cita rasa kebudayaan lokal. Sehingga pembeli lebih familiar dengan produk tersebut dan diharapkan meningkatkan minat dan daya jual produk yang dimaksud.

Bentuk pelatihan lain yang diberikan kepada SDM oleh perusahaan adalah penggunaan teknologi yang memadai. Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini teknologi memberikan peran penting disetiap sendi kehidupan. Setiap hari orang berinteraksi didepan PC atau layar telepon selular. Beberapa perusahaan ada yang membuat aplikasi yang memudahkan proses penerimaan pesanan dengan cara menjual via online.

Pengembangan SDM di era pasar MEA ini mutlak dan perlu dilangsungkan secara berkelanjutan. Persaingan dibidang ekonomi dalam memasuki masyarakat ekonomi ASEAN yang perlu dipersiapkan adalah manajemen sumber daya manusia (SDM) Selain itu diperkuat dengan teknologi. Manajemen Sumber Daya Manusia atau yang biasa disingkat dengan manajemen SDM merupakan suatu rangkaian proses yang menangani masalah masalah yang ada dalam lingkup pegawai, karyawan, manajer, buruh hingga manaer serta tenaga kerja yang lain agar bisa menunjang kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditentukan. Umumnya, unit atau bagian yang menangani sumber daya manusia ialah departemen sumber daya manusia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *