Pentingnya Memiliki Sifat Leadership

Dalam sebuah organisasi ataupun dalam sebuah perusahaan, baik dalam skala kecil seperti team ataupun secara besar, perlu memiliki seseorang yang memimpin untuk mencapai tujuan dari visi dan misi organisasi tersebut. Setiap orang yang menjadi pemimpin ini lebih dikenal dengan istilah Leader. Untuk menjadi leader ini tidak mudah, karena dituntut untuk mengesampingkan keperluan pribadi dan mampu mengakomodasi permintaan bawahannya.

Tidak semua orang lahir dengan kemampuan menjadi seorang pemimpin, namun didalam diri mereka sudah bersemayam sifat-sifat seorang pemimpin, setidaknya untuk diri mereka sendiri dalam menata hidup. Sifat-sifat kepemimpinan ini dikenal dengan istilah Leadership, dan bisa dilatih kepada siapapun.

Mengapa seseorang perlu memiliki kemampuan leadership?

Dalam memimpin banyak orang, seorang pemimpin harus mengerti kondisi perusahaan dan karyawan yang bekerja didalamnya. Sehingga ia memiliki bayangan bagaimana cara yang tepat untuk membawa perubahan kepada perusahaan tersebut bersama dengan orang-orang didalamnya.

Untuk memiliki sifat leadership ada beberapa cara, yang paling mudah adalah mengasahnya semasa di bangku kuliah dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan. Dinamika yang disajikan dalam organisasi kemahasiswaan hampir serupa dengan dinamika yang terdapat disebuah perusahaan. Sehingga orang-orang dengan mudah menyelesaikan masalah berdasarkan studi kasus yang ada.

Selama berorganisasi di Perguruan Tinggi, seseorang biasanya akan memulai dengan dinamika kelompok, diberikan studi kasus yang perlu pemecahan masalah. Disini seorang yang sudah memiliki sifat berani mengemukakan pendapat akan dengan mudah mengumpukan argumen dari kelompoknya dan dikemukakan untuk kemudian memecahkan masalah yang dihadapi.

cara ini tergolong efektif dalam membentuk sifat leadership.

Cara kedua untuk melatih leadership adalah dengan mengikuti pelatihan seperti yang disediakan oleh beberapa lembaga Leadership Training Jakarta. Dalam pelatihan yang dirancang, biasanya lembaga kursus sudah menyiapkan kasus atau kondisi yang sering dialami oleh para pemilik bisnis, masalah-masalah itu kemudian dibawa kedalam group kecil, mirip seperti yang dilakukan saat dinamika kelompok saat berorganisasi di kampus.

Namun bedanya, dalam kursus leadership ini, para peserta akan diberikan tanggung jawab sebagai seorang divisi leader, marketing leader, bahkan pimpinan perusahaan secara berganti-gantian untuk menentukan pemecahan masalah yang berbeda-beda. Setiap kurikulum sudah disesuaikan dengan standar kebutuhan perusahaan, sehingga para peserta yang telah lulus program pelatihan ini bisa mengalami pengembangan SDM yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *