Pentingnya Pelatihan Dan Pengembangan SDM

Menjaga aset agar berfungsi dengan baik merupakan tugas organisasi.

Pegawai atau karyawan merupakan salah satu aset penting yang dimiliki dalam sebuah organisasi atau perusahaan, dan harus dipekerjakan secara efektif, efisien, dan manusiawi. Untuk menciptakan kondisi tersebut, maka organisasi perlu membuat perencanaan alokasi Sumber Daya Manusia dengan sebaik-baiknya.

Tujuannya tak lain dan tak bukan untuk memenuhi kebutuhan SDM organisasi itu sendiri, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Perencanaan SDM merupakan kegiatan penentuan jumlah dan jenis SDM yang diperlukan oleh suatu organisasi untuk masa yang akan datang, dalam praktek perencanaan SDM bisa dilakukan dengan beberapa metode, salah satunya adalah pelatihan pengembangan karyawan.

Pelatihan pengembangan karyawan merupakan sebuah agenda penting yang patut diadakan setidaknya setahun sekali dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Seorang karyawan tentu tidak akan berada di posisinya terus menerus, sebuah organisasi pasti sudah menentukan gerakan SDM yang ada dari posisi saat ini menuju posisi yang diinginkan di masa datang bagi karyawannya.

Baca Juga : 3 Tanda Kemajuan SDM Pendidikan Indonesia di Era Jokowi

Dengan perencanaan pelatihan pengembangan karyawan yang cermat, harus diusahakan agar setiap tenaga kerja memperoleh peluang dalam memberikan kontribusi terbaik bagi pencapaian tujuan perusahaan/organisasi. SDM yang sudah ada akan dapat dimanfaatkan dengan baik apabila organisasi telah melakukan inventarisasi SDM.

sukses-dalam-karir-adalah-tujuan

Pelatihan SDM yang bisa diberikan kepada karyawan seperti seminar, pelatihan pengembangan diri, hingga peningkatan kemampuan pada bidang yang ingin ia tekuni. Dalam seminar ini biasanya akan diberikan beberapa bentuk manajemen seperti Manajemen Kinerja dan Manajemen Karir. Mencakup standar kinerja, kualitas kerja, kinerja kerja, dan kompensasi. Sedangkan manajemen karier adalah rekrutmen, seleksi, diklat dan kaderisasi/suksesi manajemen.

Kunjungi Program Pengembangan Karyawan Bagi Manager.

Dengan demikian, pelatihan pengembangan karyawan untuk memajukan Sumber Daya Manusia dalam organisasi menjadi sangat penting adanya guna kebaikan perusahaan atau organisasi itu sendiri. Dengan menerapkan sistem yang cukup baik atau mengikuti kelas-kelas yang diadakan oleh lembaga yang khusus menangani perihal ini, perusahaan bisa memenuhi kebutuhan SDM dari tahun ke tahun tanpa harus kekurangan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *