Perawatan Bayi Baru Lahir

Merawat bayi memang bukan perkara yang mudah, apalagi bayi yang baru lahir. Jika kita tidak merawat bayi dengan benar dan kebersihannya tidak dijaga, maka dia akan rentan terkena berbagai penyakit terutama penyakit kulit jika orang tua tidak menjaga kebersihannya sang bayi. Beberapa bagian tubuh bayi, terutama untuk bayi baru lahir, yang sangat perlu diperhatikan dan dirawat dengan khusus diantaranya adalah tali pusar bayi, mata, dan kulit bayi.

Tali pusar bayi pada bayi baru lahir harus sangat diperhatikan dengan benar cara merawatnya karena bagian ini sangat mudah terkena infeksi. Jika tali pusat bayi anda yang belum putus tanpa sengaja terkena air saat dimandikan atau dalam kondisi lainnya, segera keringkan tali pusat menggunakan cotton buds atau kain kasa steril. Jangan berikan ramuan apapun pada pangkal tali pusat. Biasanya, tali pusat akan terlepas sendiri setelah kurang lebih satu sampai dua minggu setelah masa kelahiran, atau bisa juga lebih lama atau lebih dini dari itu. Saat ini, menggunakan alkohol dan penutup tali pusar sebagai perawatan pada bayi sudah tidak dianjurkan lagi. Usahakan agar tali pusar sang bayi tetap kering, jika perlu untuk mengelap, maka lap tali pusar bayi menggunakan kain kasa steril atau tissue.

lucunya bayi baru lahir

Bagian yang penting lainnya adalah mata. Setiap tiga detik sekali, mata bayi akan mengeluarkan air mata yang langsung mengalir menuju ujung mata tengah di dekat hidung. Pada fisik bayi baru lahir, karena selama di kandungan bayi belum pernah menangis, maka sumber air mata ini belum mulai bereproduksi dan salurannya masih tertutup. Namun kadang juga sumber air mata ini terbuka sebentar lalu menutup lagi dan menyisakan genangan air mata yang seharusnya sudah mengalir. Air mata bayi ini memiliki fungsi untuk membunuh kuman beberapa saat, namun kemudian malah menjadi makanan kuman. Jadi apabila air mata tergenang, maka di sana akan tumbuh kuman-kuman yang menjadi tahi mata, dan ini akan membahayakan kornea. Karena itu, anda perlu memijat kecil menggunakan cotton buds yang telah dibasahi air matang atau jari yang tak berkuku panjang. Untuk membersihkan tahi mata cukup menggunakan cotton buds yang telah dibasahi air matang.

Lalu bagian yang lainnya adalah kulit. Kulit bayi baru lahir menjadi makanan empuk untuk banyak kuman, oleh karena itu kulit bayi harus dibersihkan. Bayi yang baru lahir dimandikan cukup sehari sekali karena ia masih belum tahan dengan dingin, entah itu dengan berendam di bak mandi atau menggunakan waslap yang sudah diberi sabun bayi. Ada baiknya jika memilih sabun bayi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit bayi tetap halus.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *