Pilih mana, offset printing atau digital printing?

Pilih Mana, Offset Printing Atau Digital Print?

Sobat bandunglife.com, tentu kita tahu bahwa saat ini industri kreatif sedang marak-maraknya di Indonesia. Mulai dari bisnis digital, bisnis kuliner, pariwisata dan lain sebagainya. Munculnya industri-industri kreatif ini sebagai bentuk dari MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean. Mungkin kita sempat was was ketika mendengar bahwa orang asing dari lluar indonesia akan bebas masuk dan mencari pekerjaan di Indonesia. Sehingga kita patut waswas, jangan-jangan jika kita tidak mengalami peningkatan kualitas dalam profesi yang kita geluti, bisa-bisa kita digantikan oleh tenaga ahli dari luar negeri yang mungkin bayarannya sama, namun kualifikasi dan kemampuannya diatas kita.

offset-printing-indonesia

Bijak menentukan menggunakan offset printing atau digital printing dalam memulai publikasi untuk produk atau media cetak anda, bisa menjadi langkah awal dalam menghemat pengeluaran modal. Kami berbagi tips lengkap melalui artikel ini.

Tapi tenang sobat bandunglife, seperti dikutip dari www.rappler.com tentang 8 profesi yang akan bersaing di masyarakat ekonomi asean, enam diantaranya adalah tenaga ahli specialist seperti dokter, insinyur, dan dua diantaranya adalah sektor pelayanan publik. Ya salah satu pelayanan publik yang paling menonjol adalah pariwisata. Sehingga banyak bermunculan agen pariwisata yang memberikan promo melalui media cetak atau media digital.

Bagi sahabat bandunglife yang kebetulan bergerak dibidang jasa pariwisata, kira-kira media promosi apa yang digunakan untuk menginformasikan jasa pariwisa kalian? Sebagian besar tentu sepakat media digital menjadi sebuah media promosi yang murah dan menguntungkan. Tapi tidak jarang beberapa media publikasi pariwisata dibentuk dalam bentuk flyer atau media cetak. Sehingga pemilihan jasa cetak atau printing menjadi sebuah keputusan penting, agar tidak merugi dalam penanaman modalnya. Lalu untuk pertimbangan, kira-kira mana yang lebih menguntungkan untuk memulai media cetak guna promosi anda? bandunglife.com mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing offset printing dan digital printing di indonesia.

Offset Printing Indonesia

  • Kelebihan dari offset printing tentu saja karena semakin banyak anda mencetak, akan semakin murah. Namun bagi usaha yang baru merintis dengan modal kecil, tentu permasalahan utama adalah modal. Sebaiknya gunakan metode offset printing untuk mencetak promo-promo besar dengan ukuran yang kecil hingga sedang.
  • Jika media cetak yang anda buat hanya mengandugn dua unsur warna, maka offset printing jauh lebih murah. Karena operator mesin akan lebih mudah memisahkan layer warna pada rancangan yang ktia buat.
  • Mencetak dengan kertas berukuran besar akan sangat mudah dikerjakan oleh mesin offset printing di indonesia.
  • Offset printing sudah tersebar di kota besar ataupun kota kecil diseluruh indonesia.

Digital Printing Indonesia

  • Kelebihan dari digital printing adalah tidak perlu ada pemisahan separasi warna.
  • Design yang kita buat bisa langsung kita pakai hari itu juga. Tidak perlu menunggu terlalu lama untuk proses cetak.
  • Namun mencetak di mesin digital terbatas pada ukuran. Jika lebih besar ukurannya, maka jatuhnya akan sangat mahal.
  • Digital printing terbatas di kota-kota besar dengan akses industri kreatif seperti bandung, jogja, jakarta dan surabaya.

Terlepas dari pemilihan menggunakan offset atau digital printing, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang ada. Jika anda membutuhkan media cetak dalam kurun waktu yang mendesak, digital printing bisa menjadi solusi yang terbaik. Namun jika anda membutuhkan cetak bernilai ekonomis, maka offset printing bisa menjadi solusi terbaik. Tinggal bijak saja dalam memilahnya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang hendak memulai industri kreatif, atau ada yang mau mulai membuka usaha offset printing indonesia?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *