Proses Daur Ulang Plastik Yang Menguntungkan

Sampah plastik semakin menghawatirkan kian hari

Di kehidupan modern saat ini, kita tentu ingin semuanya serba instant untuk tuntutan “Waktu Adalah Uang”. Setiap segment kehidupan berubah, dari mulai transportasi, telekomunikasi, hingga ke peralatan pendukung yang bersinggungan langsung dengan kita. Yang paling jelas berevolusi adalah makanan yang serba instant juga, kemasan-kemasan yang digunakan oleh makanan kini banyak yang berbentuk “langsung buang”.

Akibatnya, sampah plastik kian hari kian menghawatirkan jumlahnya. Untuk mensiasati ini, berbagai macam cara dilakukan dan salah satunya adalah daur ulang sampah plastik.

Daur ulang sampah plastik, bagaimana caranya?

Plastik diproduksi dengan berbagai macam bahan tambahan seperti antistatic agent, masterbatch dan lainnya. Hal ini mengakibatkan sampah plastik memiliki karakter yang berbeda-beda sebelum dilakukan proses daur ulang.

Proses daur ulang sampah plastik memang tergolong hampir sama dengan proses daur ulang sampah lainnya. Hanya saja, karena plastik yang ada di setiap tempat pengolahan sampah berbeda karakternya, maka proses daur ulang sampah plastik perlu dikelompokan sesuai dengan bahan penyusunnya. Biasanya ditempat sampah, para pemilah sampah akan memisahkan tutup, bagian botol dengan plastik label kemasan. Metode ini dimaksudkan untuk mempermudah proses pengolahan, karena ketiga bagian dari botol ini memiliki komposisi plastic additive yang berbeda-beda.

Pemilahan dan pembersihan sampah

Sampah-sampah yang telah dipilah berdasarkan masa jenisnya, kemudian dicuci dengan bantuan beberapa alat untuk menghilangkan sisa bahan makanan atau kotoran yang menempel. Proses pembersihan ini melibatkan insektisida dan bahan lainnya.

Sampah plastik yang telah bersih kemudian dipilah lebih lanjut berdasarkan warna, ukuran dan jenis untuk proses penghancuran dan pembentukan.

Penghancuran dan pembentukan biji plastik baru

Proses penghancuran ini melibatkan beberapa alat seperti penggiling dengan mata pisau dengan bantuan pemanas yang mampu melelehkan setiap bahan plastiknya. Dan plastik-plastik yang telah meleleh dan berbentuk cairan kemudian dicampur dengan sedikit antistatic agent untuk memberikan sifat fisik baru dan warna.

Dari sini biji plastik baru ini siap untuk diuji dan dibentuk menjadi plastik baru.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *