tips berkendara

Tips Aman Berkendara Mobil untuk Jarak Jauh, Khususnya Hingga Ke Luar Kota

Mengendarai mobil bukanlah perkara yang cukup sulit, melalui latihan rutin hingga kursus yang diikuti, siapapun bisa menguasai cara menyetir mobil dalam waktu yang singkat. Namun, yang menjadi perakara adalah bagaimana kondisi di jalanan. Mungkin Anda sudah sangat berhati-hati untuk tidak menyenggol ataupun menabrak kendaraan lain, tapi bagaimana dengan yang lain? Apakah mereka sudah mematuhi aturan di jalan raya? Atau sebaliknya?

Terlebih jika Anda ingin berpergian untuk jarak yang cukup jauh, misalnya ke luar kota untuk keperluan dinas kantor ataupun liburan pribadi. Berikut ini akan dibagikan tips bagaimana caranya supaya Anda bisa berkendara dengan baik, walaupun Anda baru pertama kali, namun tips ini akan sangat mudah untuk Anda terapkan.

1. Siapkan Kondisi Fisik

Pertama-tama, Anda diharuskan menyiapkan kondisi fisik yang bugar karena menyetir membutuhkan tingkat konsentrasi dan daya tahan yang baik. Bila Anda dengan mudah sakit ataupun tidak terbiasa dengan posisi yang mengharuskan Anda untuk duduk diam menatap ke depan dalam waktu yang lama, besar kemungkinan hal tersebut akan menghambat perjalanan Anda.

Rutin berolahraga selama 1 bulan akan membantu tubuh Anda untuk beradaptasi dengan kondisi yang berat, sehingga kegiatan menyetir tidak akan terlalu membebani Anda.

2. Cek Kendaraan Secara Menyeluruh

Pastikan juga bahwa kondisi mesin kendaraan Anda mulai dari oli, aki, bensin, ban mobil, kondisi rem, air radiator, bagian kelistrikan dan mesin Anda sudah diperiksa dengan baik tanpa ada masalah. Karean itu pentingnya memiliki pengetahuan tentang mesin mobil bisa menjadi nilai tambah jika Anda mengalami masalah ataupun untuk persiapan hal semacam ini.

Jika Anda kurang memahami kondisi mobil Anda sendiri, akan lebih baik untuk langsung membawanya ke bengkel untuk dilakukan service berkala sebelum Anda pergi jauh menggunakan mobil. Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai perlengkapan mobil untuk saat-saat genting seperti tang, obeng, dongrak, dll.

3. Jangan Memaksakan Diri

Lelah selama perjalanan adalah hal yang wajar, jika Anda merasa sudah sangat lelah ataupun mengantuk, lebih baik cari tempat untuk menepi dan beristirahat sejenak agar terhindar dari kecelakaan. Memaksakan diri untuk tetap berkendara adalah hal yang tidak baik, kecuali jika Anda membawa teman atau ada seorang yang bisa menggantikan Anda menyetir mobil dengan baik hal tersebut tidak akan menjadi masalah.

Namun, jika hanya Anda seorang diri yang bisa menyetir, lebih baik untuk menunda perjalanan sembari Anda mengisi perut untuk makan dan minum. Kalau perlu minum vitamin yang bisa menguatkan Anda selama perjalanan.

Baca artikel laiinya: Mengenal Sistem Rental Mobil Masa Kini

4. Selalu Siapkan Obat-Obatan

Kotak P3K dan obat-obatan khusus ataupun umum (untuk masuk angin, batuk, dll) sudah seharusnya Anda bawa di mobil. Jika badan merasa sudah tidak enak, carilah tempat untuk menepi dan segera minum obat.

5. Fokus & Patuhi Aturan

Sangat penting untuk tetap fokus pada cara Anda menyetir, menggunakan lampu sein, berada di jalur yang tepat serta melakukan pengereman agar jarak kendaraan Anda dengan kendaraan di depan tidak berbenturan. Memperhatikan kondisi spion mobil baik itu dari arah kiri, kanan dan belakang juga tidak boleh diabaikan.

Mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas juga pedoman yang wajib Anda lakukan. Saat Anda melanggarnya, hal tersebut akan menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri. Mematuhi aturan yang berlaku juga akan menjaga keselamatan Anda sehingga tidak perlu ada yang harus ditakutkan saat berkendara jarak jauh.

Pastinya, Anda juga harus mengetahui tata cara berkendara di jalan tol. Jika tidak, akan sangat berbahaya bagi diri Anda dan orang lain. Jika Anda belum tahu tata cara berkendara di jalan tol, silahkan baca panduannya di sini dan di sini.

6. Gunakan Jasa Sewa Mobil

Bila Anda ingin lebih simple ataupun merasa masih belum yakin untuk pergi sendiri menyetir, Anda bisa memilih opsi menggunakan jasa sewa mobil untuk jangka pendek ataupun yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda akan diberikan fasilitas supir yang bisa mengantar Anda hingga ke tempat tujuan tanpa harus merasakan capek yang bisa mempengaruhi kondisi tubuh, fisik dan pikiran.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk berkendara jarak jauh dengan mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *