Tips Jitu Memilih Mobil Bekas

Dibandung sedang marak-maraknya nih penjualan mobil bekas, sepanjang jalan dago atau layang pasupati kamu bisa melihat mobil-mobil dengan tanda “dijual” berjejer setiap sabtu atau minggu pagi hingga siang. Biasanya orang memilih membeli lelang mobil bekas karena harganya yang lebih murah ketimbang mobil keluaran dealer. Tapi, usut punya usut, beberapa mobil yang dijual kadang ada yang merupakan mobil rekondisi.

tips-jitu-memilih-mobil-bekas

Oleh sebab itu, sebagai pembeli yang bijak, ada baiknya memeriksa beberapa hal dibawah ini sebelum memutuskan membeli mobil seken.

Periksa body secara keseluruhan

Sebelum kita menawar mobil sebaiknya seluruh body mobil diketuk pakai jari tangan, jika berbunyi nyaring berarti masih asli,jika bunyinya berat maka bagian yang tadi kita ketuk pernah didempul(cat ulang), mungkin akibat tertabrak.

Tanda-Tanda Mobil Pernah Mengalami Tabrakan

Jika bagian body ada warna yang kusam, berarti pernah di cat ulang, kalau ada salah satu lis kaca (biasanya terbuat dari karet berwarna hitam) ada sisa cat atau pemasangan lis kaca terlihat tidak rapi berarti kaca dibagian tersebut pernah pecah/diganti, kalau ada lampu depan/belakang yang terpasang tidak rapi kemungkinannya pernah tabrakan/diganti, sebaiknya kap mesin di buka dan dilihat pingir kap mesin bagian dalam kalau sudah tidak ada lipatan cat berarti pernah tabrakan.

Periksa Kelengkapan Surat-surat

Sebuah kendaraan yang resmi selalu memiliki Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Didalamnya terdapat data pemilik, alamat, tahun pembelian hingga status kendaraan tersebut. Jika data yang tercantum dalam BPKB tersebut sama dengan data yang tertera pada kwitansi pembelian, STNK atau identitas lainnya maka anda tidak perlu ragu untuk membeli kendaraan tersebut.

Cara memeriksa surat kendaraan secara benar

Pertama perhatian BPKB dan catatan STNK. Perhatikan nomor rangka mesin, mesin utama, kapasitas mesin hingga ke tahun pembuatan yang akan merujuk pada pemilik dan track record kendaraan tersebut. Apalagi saat ini HUMAS POLRI Divisi Satuan Lalu Lintas sudah menyediakan website untuk mengakses data kendaraan berdasarkan Surat Tanka Nomor Kendaraan dan anda bisa mengaksesnya secara bebas.

Periksa Suara Dan Kondisi Mesin

Langkah terakhir adalah memeriksa kondisi mesin dalam kondisi prima atau tidak. Karena mesin adalah jantung dari kendaraan, pastikan anda tidak menyesal dikemudian hari. Hal-hal yang harus anda perhatikan seperti ukuran Cylinder kendaraan. Biasanya semakin besar cylinder mesin, semakin cepat sebuah mobil dan semakin banyak konsumsi bahan bakarnya.

Panduan Sederhana membedakan mesin dari suaranya

Dengarkan suara mesin saat distarter, biasanya ada suara ketukan yang menandakan catu daya mesin akan dimulai. Jika mesin mengeluarkan suara ketukan yang kasar, tandanya ada sebuah penyumbat pada proses pembakaran. Mobil yang berkapasitas besar biasanya akan memiliki getaran yang cukup besar juga seiring pergerakan piston.

Nah, demikianlah tips jitu memilih mobil bekas agar kamu tidak menyesal membeli dikemudian hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *