tips cara merawat lampu mobil

Tips Memperpanjang Umur Pakai Lampu Kendaraan

Saat ini sudah biasa dimana mobil baru dilengkapi dengan lampu berteknologi LED atau Light Emitting Diode, dimana lampu ini memiliki keunggulan yang lebih dari pada lampu helogen biasa. Karena keunggulan yang tidak dimiliki helogen inilah, kenapa banyak kendaraan yang lebih memilih LED untuk lampu kendaraannya.

Menurut Bambang Supriyadi, Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor mengatakan, salah satu keunggulan yang banyak dicari pemilik mobil atau motor dari lampu LED adalah umur pemakaiannya. “LED ini sebenarnya memiliki umur pakai yang panjang, memang ada satu atau dua lampu yang mengalami kerusakan. Namun kejadian seperti itu sangat jarang terjadi, sehingga banyak yang mengubah lampu lamanya dengan lampu LED.”

Diktakan bahwa umur lampu LED ini bisa mencapai lebih dari 3 tahun, namun bila penggunaannya tidak sesuai atau kurang tepat bisa jadi umurnya akan berkurang. Bambang juga menegaskan bahwa lampu LED juga memerlukan perawatan, sehigga lampu bisa lebih awet dan cahayanya tetap terang.

“Untuk masalah perawatan, lampu LED ini tidak jauh beda dengan lampu helogen. Untuk merawatnya, pemilik kendaraan hanya perlu sering-sering mengelap lampu dan memperhatikan mikanya.” Tambah Bambang ketika di wawancarai di Sibolga, Sumatera Utara.

Agara umur pakai lampu kendaraan bisa semakin panjang, tentu anda perlu memperhatikan kebersihan lampu. Jangan sampai ada debu yang menghalangi cahaya lampu, karena hal itu bisa menjadikan lampu redup dan tidak maksimal dalam mengerjakan fungsinya. Anda bisa membersihkan kaca lampu kendaraan anda dengan rutin, jangan sampai ada debu ataupun lumpu yang menutupinya.

Biasakan mencuci kendaraan atau mengelap kendaraan setelah terkena hujan, karena air hujan bisa membuat kaca lampu menjadi buran dan kotor. Tentu hal itu bisa menjadikan lampu LED bertahan lebih lama, anda pun tak perlu khawatir mengeluarkan uang untuk melakukan pergantian lampu.

Bisa dikatakan lampu LED ini sangat minim watt, dimana untuk digunakan pada kendaraan tidak akan memakan banyak kapasitas bila dibandingkan dengan lampu jenis Helogen. Namun anda juga harus tahu, dengan banyaknya fungsi dan kelebihan yang dimiliki maka harganya juga cukup tinggi. Untuk melakukan pergantian lampu LED ini, anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 2 juta.

Rp 2 juta ini untuk kendaraan mobil, memang harga ini terpaut jauh bila dibandingkan dengan helogen yang seharga Rp 120 ribu. Anda juga perlu tahu bila lampu seharga Rp 2 juta ini hanya unuk satu saja, sedangkan mobil memiliki 2 lampu sehingga totalnya mencapai Rp 4 juta.

Tentu untuk lampu hal itu tergolong mahal, namun kembali lagi fungsi yang anda dapatkan akan lebih besar bila dibanding lampu lainnya. Semuanya tergantung dengan cara menggunakan, dan cara merawatnya. BIla ingin mendapatkan informasi terupdate seputar dunia otomotif, silahkan kunjungi www.gardaoto.com/blogs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *