tips melakukan spooring mobil untuk kendaraan anda

Tips Spooring Mobil Dengan Hasil yang Memuaskan

Apakah anda mengalami oleng ketika sedang melaju kencang? Berhati-hatilah karena itu bisa saja karena adanya masalah pada kaki-kaki mobil anda. Bagi kita yang awam dalam mengotak-atik mobil, tentu akan beranggapan dengan melakukan spooring serta balancing maka masalah akan selesai. Memang logikanya seperti itu, dimana spooring dan balancing akan membuat mobil anda saat dijalankan berjalan kekiri dan kekanan bisa sembuh. Berikut ini untuk anda yang hendak melakukan spooring pada mobil anda, tips spooring mobil yang bisa anda terapkan.

Saat melakukan spooring anda perlu memperhatikan dan melakukan pemeriksaan di beberapa komponen, mulai dari kaki-kaki meliputi tierod, end tierod, ball joint, dan juga bushing. Tujuannya agar kondisi komponen tersebut bisa terlacak, sehingga anda bisa melakukan pergantian apabila anda melihat komponen tersebut sudah tidak layak pakai. Itulah kenapa sangat perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum membawanya ke bengkel, dan berikut ini langkah untuk melakukan pengecekan.

Dongkrak lah mobil anda hingga ban mobil anda tergantung, kemudian tariklah ban anda ke arah luar ke dalam secara keras. Apabila anda merasakan ban anda oblak atau goyang namun ada yang mengganjal, maka kemungkinan besar ada salah satu komponen diatas tadi yang perlu diganti. Penyebab terjadinya aus pada komponen tersebut memang memiliki banyak faktor, mulai dari cara penggunaan kita ataupun memang kondisi komponen yang memang harus diganti.

Semisalnya anda sedang mengendarai mobil dalam kecepatan tinggi, kemudian terdapat lubangan dan anda terkena lubang itu. Kemudian anda melaju dengan kecepatan tinggi di jalan yang tidak rata, atau juga anda memberikan muatan yang sangat berat yang berlangsung terus menerus. Untuk mengetahui kondisi komponen memang tidak harus dilakukan dirumah saja, karena anda bisa melakukannya di bengkel.

Untuk anda yang penasaran seperti apa tanda-tanda ausnya komponen, berikut ini beberapa diantaranya.

  1. Apabila yang mengalami kerusakan pada tierod, end tierod, dan balljoint, anda bisa melihat secara langsung dari ciri fisiknya. Karena ketiga bahan ini terbuat dari logam, sehingga anda bisa melihat apabila terdapat gesekan dan juga kondisi yang sudah halus. Ciri lain yang bisa anda ketahui apabila ada faktor lain adalah, bentuk komponen tersebut memiliki bentuk yang tidak sempurna ataupun bengkok.
  2. Sedangkan untuk komponen bushing, karena komponen ini terbuat dari karet maka akan berbeda cara pengecekannya. Anda bisa mengetahui kondisi komponen ini dengan cara menekannya, apabila anda merasa terlihat retak-retak maka komponen itu sangat wajib diganti.

Dengan memahami fungsi dan juga ciri-ciri komponen tersebut, maka anda bisa memberikan saran kepada mekanik yang mengerjakan spooring pada mobil anda. Karena bila anda memberi saran, sang mekanik tidak akan mendikte anda dan anda terhindar dari praktek nakal oknum bengkel. Apabila ban anda memang sudah dinyatakan bermasalah atau harus diganti, maka sebaiknya anda mengganti ban mobil di outlet resmi yang jual ban mobil asli dan bergaransi dengan harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *