Cara mengelola perusahaan logistik dengan baik

Perusahaan logistik adalah jenis bisnis yang cukup berkembang pesat di Indonesia terutama dibarengi juga oleh banyaknya pihak yang membutuhkan jasa pengiriman barang dalam waktu yang singkat. Tetapi perusahaan jasa logistik tidak hanya melayani pengiriman barang saja namun juga bergerak dalam bidang inventori pergudangan, pengemasan atau packaging, dan juga pengiriman dokumen berharga. Karena peluang untuk suksesnya masih cukup besar, sampai sekarang persaingan untuk menjalankan bisnis perusahaan logistik masih cukup ketat.

Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa ikut merasakan manisnya menjalankan bisnis ini. Tidak hanya mengandalkan ketepatan waktu dan juga dalam hal pelayanan, tapi ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan agar bisnis logistik bisa berjalan dengan sukses. Berikut adalah beberapa tips agar sukses dengan perusahaan logistik.

SDM yang memadai

Untuk bisa mendirikan perusahaan logistik yang solid, bisa bertahan dalam persaingan, dan bisa menguntungkan adalah dengan menggunakan sumber daya manusia yang unggul dan paham mengenai seluk beluk dunia jasa logistik. SDM yang unggul akan membuat perusahaan Anda lebih efisien dan efektif dalam mengelola logistik sehingga biaya yang dikeluarkan pun bisa lebih sedikit. Sayangnya, menurut pengamat bisnis logistik, SDM di Indonesia untuk logistik dinilai masih rendah sehingga perkembangan perusahaan logistik yang menjamur tidak dibarengi dengan meningkatnya kualitas sumber daya manusianya. Akibatnya, biaya operasional perusahaan jasa logistik saat ini masih relatif tinggi.

Pelayanan yang prima

Perusahaan logistik adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa sehingga pelayanan yang prima sama pentingnya seperti perusahaan lain yang menawarkan produk berupa barang nyata yang bisa disentuh oleh konsumen. Pelayanan yang memuaskan meliputi pengiriman barang yang tepat waktu dan dilakukan tanpa menimbulkan kerusakan pada barang. Selain itu tulang punggung pelayanannya juga harus kuat misalnya dalam bidang IT di mana konsumen bisa melakukan tracking melalui website atau media lainnya dengan menginput nomor resinya. Sistem informasi yang baik juga harus ada untuk mengelola manajemen pergudangan sehingga bisa menyediakan informasi yang cepat dan akurat kepada konsumen.

Punya visi yang jauh mengenai area layanan

Ciri perusahaan logistik yang akan sukses salah satunya adalah memiliki visi untuk memperluas area pelayanan. Karena konsumen mengharapkan perusahaan jasa logistik untuk bisa mengirimkan barangnya ke mana saja dengan tariff yang semurah-murahnya, tapi juga tidak mengabaikan kualitas pelayanan. Oleh karena itu orientasi area pelayanan dan jangkauan perusahaan nantinya jangan hanya berhenti mencakup wilayah regional saja, tapi lakukan upaya-upaya dan persiapan untuk mencakup wilayah nasional bahkan melayani perngiriman barang dari dan ke luar negeri. Untuk ekspansi, ada beberapa cara yang dilakukan oleh perusahaan logistik yang sudah besar yang pertama adalah dengan melakukan kerjasama dengan mitra lokal, dan yang satunya adalah melakukan ekspansi secara langsung. Anda tinggal menyesuaikan strategi mana yang untuk memperluas jaringan perusahaan logistik di Indonesia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *