Tips Hemat Belanja Peralatan Bayi

Salah satu hal yang paling membahagiakan dan cukup berkesan semasa hamil adalah ketika berbelanja peralatan bayi. Ketika kita melihat-lihat semua pernak-pernik bayi di mal maupun di toko-toko yang menjual perlengkapan tersebut, semuanya tampak sangat lucu-lucu dan sangat menarik dan seperti ‘menggoda’ kita untuk membeli semuanya, apalagi jika anak yang dikandung adalah anak pertama. Kebutuhan-kebutuhan bayi seperti perlengkapan makan, mandi, dan tidur bayi sekarang sudah tersedia dengan berbagai macam model dan desain dari yang paling sederhana hingga yang paling canggih dan berkelas. Biasanya, membeli perlengkapan seperti ini dilakukan ketika usia kandungan sudah mulai memasuki bulan-bulan terakhir dan pemeriksaan USG sudah menunjukkan hasil jenis kelamin dari sang bayi. Maka, membeli perlengkapan akan lebih mudah karena sudah mengetahui model macam apa yang harus dibeli.

Menurut pengalaman dari beberapa orang tua, mereka seringkali menjadi lapar mata ketika melihat-lihat dan berbelanja peralatan bayi yang lucu dan menggemaskan. Bila budget yang disediakan tidak terbatas, hal ini tidak akan menjadi masalah, namun hal ini akan berbeda ketika anda hanya memiliki budget terbatas. Di samping itu juga anda harus menyimpan biaya yang cukup untuk masa persalinan nanti, sehingga berbelanja perlegkapan untuk bayi anda harus dilakukan dengan berhemat sewajarnya karena mungkin anda akan menghadapi beberapa kebutuhan yang tak terduga di kemudian hari.

Hal yang akan dijelaskan di sini adalah beberapa tips berhemat berbelanja kebutuhan bayi dari ibu-ibu yang sudah berpengalaman dan terbukti sangat efektif untuk anda coba ketika membeli kebutuhan sang buah hati.

  • Membuat daftar belanjaan. Jauh-jauh hari sebelum bayi lahir, anda dapat membuat daftar peralatan bayi yang dibutuhkan secara rinci. Pikirkan matang-matang tentang apa yang akan anda beli mulai dari peralatan makan, perlengkapan tidur, kebutuhan pakaian, kebutuhan menyusui, fitur ruangan bayi, dan lain-lain. Ingatlah bahwa tidak semua jenis barang yang tersedia di toko perlu dan harus anda beli.
  • Membeli pakaian bayi dengan ukuran satu nomor lebih besar. Bayi yang baru lahir tubuhnya sangat cepat berkembang. Seringkali ketika dirasa sudah memiliki cukup pakaian dengan ukuran yang pas,beberapa minggu kemudian pakaian tersebut sudah tidak cukup lagi dipakai bayi. Oleh karena itu, membeli pakaian dengan ukuran satu nomor lebih besar cukup membantu agar pakaian dapat cukup lama dipakai oleh bayi hingga beberapa bulan kemudian. Setiap merk pakaian di toko-toko perlengkapan bayi memiliki ukuran dan pola yang berbeda. Jadi jangan terlalu terpaku dengan nomor ukuran yang ada di petunjuk umur di label pakaian.

Dalam membeli peralatan bayi, disarankan untuk membeli barang yang tidak terlalu berlebih. Contohnya saja ketika akan membeli pakaian bayi anda belum diketahui berat badannya, sehingga terkadang pakaian yang sudah dibeli ternyata kekecilan untuk bayi karena memiliki ukuran yang lebih besar. Menghemat dengan membeli barang untuk tiga bulan dari masa kelahiran mungkin dapat menjadi langkah yang lumayan efektif.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *