ban mobil yang bagus itu seperti apa

Lebih Bahaya Kelebihan Atau Kekurangan Ban Angin?

Tekanan angin ban mobil mempunyai peran sangat penting, karena ban sediri merupakan komponen yang menjadi tumpuan bobot mobil. Selain itu tekanan angin pada ban mobil akan menunjang kemampuan mobil dalam bermanuver, sehingga sangat penting untuk mengetahui tekanan angin di dalam ban mobil.

Banyak kerugian yang bisa didapatkan pengendara mobil, bila sampai tekanan angin pada ban kurang ataupun lebih. Salah satu hal yang paling dirasakan pengemudi bila tekanan angin pada ban mobil kurang ataupun lebih adalah kenyamanan, dimana pengemudi tidak bisa merasakan nyaman dan fokus bisa terganggu.

Selain faktor kenyamanan, ternyata hal lain yang penting dan harus diketahui bila tekanan angin ban mobil kurang ataupun berlebih. Dimana kondisi ini bisa menjadi faktor terjadinya kecelakaan, sehingga sangat penting untuk mengetahui bahaya ini sebelum terjadi.

Menanggapi masalah ini, SDCI (Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia) Sony Susmana menelaskan bahwa kekurangan tekanan pada ban mobil lebih berbahaya karena mampu menyebabkan pecahnya ban ketika mobil dipacu ditengah jalan. Sony menjelaskan bahwa kelebihan angin lebih baik dari pada kekurangan angin, meskipun dengan kelebihan angin bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat berkendara. Kekurangan angin sangat berbahaya karena side wall mobil akan menekuk ketika berada di posisi bawah, kemudian kembali tegak ketika berada di posisi atas.

Apabila hal itu terus dibiarkan dalam waktu yang lama dan terus menerus, maka bagian side wall akan mengalami pecah dan hal itu akan membahayakan pengendara serta penumpangnya.

“Apabila membahas tekanan angin ban, tentu hal itu berkaitan dengan perputaran ban. Apabila berada di bawah tentu akan menekuk, dan baru akan kembali saat posisi ada di atas. Side wall lah yang akan kalah dalam hal ini, dan side wall akan pecah bila mengalami hal ini secara terus menerus. Kita ambil contoh simpel kawat, dimana kawat ini bila terus menerus di tekuk dan diluruskan akan otomatis patah”. Tambah Sony didepan media.

Dari penjelasan diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa, kondisi ban mobil akan lebih aman bila ban kelebihan angin. Karena ban yang mengalami kekurangan angin memiliki dampak yang lebih besar ketimbang ban yang kelebihan angin, salah satunya adalah pecahnya ban.

Selain itu, ban yang kekurangan angin akan lebih cepat mengikis alur ban. Hal ini akan membuat ban cepat habis dan tentu menyebabkan pemborosan, karena anda harus lebih sering mengganti ban anda.

Demikian artikel mengenai tekanan angin ban mobil, semoga dengan adanya artikel ini anda semakin paham dan waspada pada tekanan ban di mobil anda. Bila dirasa artikel ini bisa bermanfaat, anda bisa membantu mendukung kami dengan membagikan informasi ini kepada orang lain.

Penulis: Tim Garda Oto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *