Tips Menghemat Pengeluaran PDAM

Air, merupakan sumber daya yang dibutuhkan kehadirannya di tengah kehidupan masyarakat. Selain untuk membantu pembentukan tubuh yang 80% nya merupakan air.

Di Bandung sendiri, seluruh warga masyarakat diwajibkan menggunakan PDAM sebagai supply air bersih. Karena wajib, setiap bulan warga masyarakat di bandung melakukan segala macam daya upaya untuk memantau pengeluaran penggunaan air PDAM yang tidak murah dan cenderung mengalami kenaikan tiap tahunnya. Untuk itu, sebagai warga bandung yang budiman, alangkah baiknya kita melakukan penghematan demi kelangsungan distribusi air yang melimpah.

Pada artikel berikut ini, kami hendak membagikan tips bagaimana menghemat pengeluaran PDAM, yuk simak caranya.

Kenali dulu bagian-bagian meteran air anda

Biasanya distributor meteran air memiliki Indeks meteran, yang terdiri dari dua warna yaitu hitam dan merah. Warna hitam menunjukan satuan m3, digunakan sebagai dasar penghitungan tagihan. Adapun warna merah, digunakan untuk menunjukan satuan liter dan pengujian meteran air.

cara-baca-meteran-air

Pada permukaan meteran air, Anda akan melihat sederet angka. Angka tersebut mewakili volume air yang Anda gunakan sampai terakhir meteran di ulang. Catat angka ini berdasarkan periode yang anda sepakati, misalkan sehari sekali, seminggu sekali atau satu bulan satu kali.

Buat Tabel Penggunaan Air berdasarkan satuan rupiah per penggunaannya

Setiap bulan tentu kita menerima tagihan penggunaan air, bagi angka yang muncul pada tagihan tersebut dengan jumlah penggunaan air anda. Ini adalah nilai tagihan penggunaan air anda, yang kemudian akan kita jadikan patokan terhadap berapa biaya yang akan di bebankan setiap bulannya untuk satuan penggunaan air.

Rincikan penggunaan air dari yang paling banyak hingga paling sedikit.

Biasanya, air akan digunakan paling besar pada ketiga kegiatan berikut ini : Mandi, Mencuci Baju dan Buang Air Besar. Untuk buang air besar mungkin akan sulit di kendalikan, tapi kita masih memiliki kuasa untuk mengendalikan penggunaan air pada saat mencuci baju dan mandi.

Untuk menghemat penggunaan air pada saat mencuci, anda bisa menggunakan pengharum yang memiliki kandungan satu kali bilas, sehingga sabun akan mudah lepas dari baju. Sedangkan untuk mandi, anda bisa mulai menggunakan shower daripada harus menggunakan gayung.

Cermat dalam penggunaan air merupakan kunci untuk mencegah pembengkakan tagihan air tiap bulannya. Ingat, kebijaksanaan kita dalam menjaga sumber daya air bisa memberikan dampak yang besar untuk kehidupan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *