Mobil Baru Makin Murah, Kenapa Masih Pilih Bekas?

Saat ini, mobil seakan sudah termasuk sebagai kebutuhan sekunder yang artinya sudah bukan lagi kebutuhan barang mewah karena kebutuhan akan transportasi tak dapat dielakkan sementara transportasi umum Indonesia masih belum bisa dikatakan memadai.

Kini mobil murah pun menjadi barang yang banyak dicari oleh masyarakat dengan ekonomi dari kelas menengah ke bawah. Dengan angka penjualan yang makin tinggi serta permintaan pasar yang nyaris selalu ada jadi alasan mengapa para produsen berlomba-lomba menghadirkan mobil murah ke pasaran, misalnya Low Cost Green Car.

Namun, meski sudah dibanderol miring, nyatanya nominal tersebut tetap saja belum bisa dijangkau oleh kelas ekonomi yang disasar. Pasalnya harga yang dibanderol di kisaran seratus jutaan membuat kebanyakan orang berpikir keras membagi anggaran kredit dengan kebutuhan lain.

Hadir sebagai salah satu opsi selain kredit, membeli mobil bekas pun sering jadi pilihan orang  yang sedang mencari kendaraan roda 4 dengan budget roda 2. Hal ini karena membeli mobil bekas memiliki beberapa keuntungan tersendiri, antara lain;

  • Dibanderol dengan harga dan angsuran yang rendah karena nilai mobil yang semakin waktu semakin turun menjadikan cicilan untuk mobil bekas semakin murah ketimbang mobil baru.
  • Proses pengajuan maupun administrasi kredit kendaraan bekas biasanya lebih cepat dibanding untuk mobil baru.
  • Mobil sudah boleh dibawa pulang walaupun belum lunas, berbeda dengan mobil baru yang perlu menunggu plat nomor keluar dari kepolisian.
  • Ada fitur yang bisa Anda coba terlebih dahulu langsung di showroom mobil bekas tersebut saat melakukan test ride. Berbagai fitur yang juga ada di mobil baru tersebut akan Anda tebus dengan harga yang juga lebih terjangkau.
  • Dengan perawatan yang baik dari pemilik sebelumnya, mobil bekas yang akan Anda beli tersebut bisa saja menembus jarak tempuh hingga 900.000 km.
  • Umumnya mobil bekas hanya memerlukan biaya perawatan yang nominalnya tak jauh berbeda dari perawatan mobil baru, namun pajak yang harus Anda bayarkan untuk mobil keluaran lebih lama akan lebih rendah.

Sesuai dengan namanya, mobil bekas memang bukan mobil baru dengan kondisi terjamin. Akan tetapi, hal ini tidak serta merta berarti bahwa mobil bekas punya kondisi yang buruk dan tak layak ditumpangi. Masih ada banyak pilihan mobil bekas ditawarkan dalam kondisi terawat.

Memang membeli mobil bekas sangat bergantung pada kemampuan Anda dalam mencermati kondisi unit yang akan dibeli. Hal ini dikarenakan Anda tidak tahu seperti apa pemilik sebelumnya merawat mobil serta apa saja yang pernah terjadi pada kendaraan tersebut, setelah membeli jangan lupa untuk ikut asuransi kendaraan agar mobil baru ataupun bekas yang Anda beli bisa mendapatkan perlindungan maksimal dari perusahaan asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *