Pengemudi Pemula, 3 Hal di Awal Ini Perlu Diketahui

Jika pada jaman dulu memiliki mobil adalah hal yang langka, berbeda dengan jaman sekarang di mana mobil sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kebutuhan. Setiap orang yang tinggal di ibu kota pasti memiliki kendaraan beroda 4 tersebut. Tapi, bagi setiap pemilik mobil belum tentu bisa mengemudi. Ada beberapa orang yang memilih menggunakan supir untuk mengantarkan ke mana-mana.

Namun, hal ini juga bisa menjadi boomerang bagi Anda jika sewaktu butuh mengunjungi sebuah tempat tapi supir berhalangan untuk mengantar Anda. Maka dari itu penting juga untuk Anda harus bisa mengemudikan mobil. Nah, bagi Anda yang sedang butuh dan ingin belajar mengemudi, setidaknya ada 5 hal yang perlu Anda ketahui

asuransi kendaraan online Garda Oto Digital

1. Pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Kira-kira Anda butuh mobil seperti apa? Mobil dengan bagasi yang luas, mobil yang kecil atau simple. Maka dari itu sesuaikanlah. Supaya ketika Anda mulai bisa mengemudi Anda merasa nyaman dan tidak sia-sia memiliki mobil tersebut.

2. Kenali seluk beluk mobil

Sudah mendapat mobil yang Anda butuhkan, coba sekarang Anda ketahui fungsi-fungsi alat yang ada di mobil dan yang perlu Anda ketahui adalah tentang metode transmisi mobil Anda tersebut. Apakah mobil Anda termasuk manual atau matic.

Tidak hanya hal tersebut, bagaimana dengan fungsi-fungsi aksesorisnya yang mendukung keamanan Anda pada saat mengemudi supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Seperti lampu sen, lampu utama, sabuk pengaman, dan lain-lain.

3. Latihan dengan konsisten

Supaya Anda mahir mengemudi, pada awal mulanya Anda perlu latihan mengemudi secara konsisten. Untuk hal ini Anda bisa lakukan dengan cara mengikuti kursus menyetir dan saat ini sudah banyak sekali jasa yang menawarkan kursus mengemudi berikut dibuatkan SIM.

Atau Anda juga bisa melakukannya dengan otodidak. Tapi, jangan lupa untuk didampingi. Anda bisa mengajak orang yang sudah mahir dalam hal mengemudi. Bisa keluarga, pasangan, rekan, atau orang yang Anda percaya bisa.

Cara latihannya juga Anda bisa memulai dengan latihan-latihan yang dasar seperti mengemudi di jalan yang lurus, mengoperasikan antara kopling dan gas (bila mobil Anda manual).

Untuk step awal Anda bisa berlatih di jalanan area perumahan Anda atau mencari tanah lapang yang luas yang bisa memudahkan Anda dalam berlatih. Jika menguasai medan jalan yang mudah sudah dikuasai, beranikan diri Anda untuk mulai ke jalan raya atau lokasi yang memiliki banyak tikungan, banyak tanjakan.

Dengan begitu Anda akan mahir mengemudi.Bila perlu, cobalah untuk mengasuransikan mobil Anda untuk perlindungan lebih. Anda bisa mencari layanan asuransi kendaraan online terbaik untuk mengcover segala kerusakan pada mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *