Inspirasi Kotak Mainan Dari Carton Box

Sobat bandunglife.com, berapa banyak sisa carton box yang menumpuk dirumah kita dari sisa belanja barang-barang elektronik atau tempat pembungkus minuman saat lebaran kemarin? Jangan langsung dibuang, karena dalam artikel berikut, admin akan menjelaskan kepada kalian bagaimana mengolah carton box bekas menjadi sebuah benda yang bermanfaat dan bisa menghias rumah anda secara apik.

Carton Box, sejatinya dibuat dari bahan kertas. Walau begitu, bahan karton box akan sulit terurai dalam kondisi kering. Ia harus dibasahi terlebih dahulu, sehingga permukaan dan ikatan antar kertasnya dapat mudah terurai. Dalam keadaan kering dan dengan ukuran carton box yang sesuai, kita bisa memanfaatkannya menjadi beragam perlengkapan atau dekorasi interior yang menambah cantik rumah kita. Salah satu yang paling sederhana dan bisa dibuat saat ini juga adalah kotak mainan.

Bagi para orang tua yang memiliki anak-anak usia 3 s/d 5 tahun, biasanya menjadi sebuah permasalahan pelik ketika mainan mereka berantakan. Namun hal ini bisa kita akali dengan membuat kotak mainan mereka lebih menarik, sehingga mendidik mereka untuk meletakan kembali mainan mereka kedalam kardus bekas.

Perahu dari carton box

Buatlah sebuah bentuk yang bisa menarik perhatian mereka, salah satu bentuk dekorasi carton box pada contoh kali ini adalah perahu. Sebuah perahu dari carton box ini admin buat untuk menampung mainan dan boneka milik keponakan. Cara membuat tempat mainan ini pun sangat mudah, saya hanya memotong bagian atasnya dan memotong beberapa centimeter kain bekas gordin yang masih bagus untuk dijadikan layar. Lalu untuk kayu tiang layarnya, saya hanya memotong beberapa kayu bekas gagang sapu yang ada digudang.

Bayangkan, saya hanya menggunakan barang-barang bekas untuk membuat semua dekorasi ini, itu artinya sudah menghemat barang-barang yang menurut kita hanya sebuah “sampah” menjadi sebuah benda baru yang menarik untuk diletakan diruang tamu atau ruang bermain anak.

Strategi Pendidikan 

Kemudian saat bermain dengan dia, admin menceritakan sebuah kisah yang menginspirasi dan berhubungan dengan perahu, yaitu bahtera nabi nuh. Jika anda belum mengetahui kisah ini, silahkan lakukan pencarian di mesin pencari. Dialog dengan anak-anak seperti ini bisa mempererat emosional antara orang tua dan anaknya, karena dengan bermain sambil belajar, memberikan waktu yang berkualitas dan anak merasa nyaman untuk dekat dan mengenal orang-orang yang tinggal satu rumah.

Menerapkan strategi seperti ini selain dapat menjadi pola edukasi, juga bisa menjadi sebuah hiburan bagi kita yang sudah lelah bekerja seharian dan menghabiskan waktu bersama orang-0rang yang kita sayang. Demikian tutorial cara membuat kotak mainan dari carton box ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda dan silahkan disebar luaskan untuk memberi pengetahuan dan pendidikan baru bagi orang lain.

Bagi yang ingin meninggalkan komentar, silahkan disediakan ruang dibawah ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *